jam

Sabtu, 01 Oktober 2011

SISTEM OPERASI UNTUK DEKSTOP,LAPTOP DAN MOBILE

Sistem Operasi untuk Desktop, Laptop, dan Mobile

os Sistem Operasi untuk Desktop, Laptop, dan MobileSistem Operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer .Sekarang ini banyak sekali macam-macam sistem operasi di pasaran, baik itu sistem operasi untuk komputer (desktop) maupun untuk mobile (handphone).

Sistem Operasi untuk Desktop dan Laptop

Ada beberapa macam sistem operasi yang dapat dioperasikan pada desktop dan laptop, yaitu :
1. DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.

2. Microsoft Windows
Windows merupakan sistem operasi yang paling popular dan masih banyak dipakai oleh pengguna komputer didunia. Versi windows yang paling awal adalah windows 1.0, lalu muncul windows 2.1x, windows 3.0, windows NT, windows 95, windows NT 4.0, windows 2000, windows Me, windows XP, windows server 2003, windows vista, windows 7, dan yang akan segera dirilis adalah windows 8.

3. Linux
Linux adalah sistem operasi yang bebas bersifat terbuka atau open source. Kode yang terdapat dalam sistem operasi ini dapat dimodifikasi oleh penggunanya. Linux sendiri terdapat berbagai macam jenis yang disebut distribusi Linux atau Distro Linux, diantaranya adalah Ubuntu, openSUSE, Fedora, Debian GNU/Linux, Mandriva, Linux Mint, PCLinuxOS, Slackware Linux, Gento Linux, CentOS, FreeBSD.

4. Garuda OS
Garuda OS adalah sistem operasi yang bersifat terbuka yang user friendly sehingga user yang biasa menggunakan windows pun akan mudah dalam menggunakannya. Garuda OS sendiri dirilis pada tahun 2011 dengan rincian  1.1 : keluaran tahun 2011, 1.1.5 : keluaran tahun 2011 bulan 5,  Cakar : versi non final, dan Final : versi akhir.

5. Unix
Unix termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Unix merupakan induk dari system operasi Linux.

6. Apple Macintosh Operating System
Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple. Sistem Mac OS dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu Mac OS klasik dan Mac OS X.

7. Solaris
Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.


Sistem Operasi untuk Mobile
Berikut adalah beberapamacam sistem operasi untuk mobile.

1. Sistem Operasi Symbian
Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Versi dari Symbian antara lain S40, S60, S9.

2. Windows Phone
Windows Phone adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan  tampilan windows pada desktop atau laptop.

 3. WebOS
webOS adalah sistem operasi mobile yang berbasis Linux , awalnya dikembangkan oleh Palm , yang kemudian diakuisisi oleh HP.

4.Sistem Operasi Blackberry
RIM menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system – OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat. OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan calendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.

5. iOS
iOS adalah sebuah sistem operasis berbasis perangkat mobile buatan apple yang bekerja pada perangkat iPhone, iPod touch, dan iPad. i-nya sendiri mungkin dimaksudkan sebagai perangkat yang selalu terhubung dengan internet sebagaii cloud utamanya, tetapi juga mewakili desain perangkat yang futuristik dan prestise seperti yang selama ini melekat kepada produk-produk buatan Apple Inc.

6. Android
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.

7. Palm OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.

8. Maemo OS
Maemo adalah sebuah sistem operasi terbaru dari sebuah vendor besar Nokia yang digunakan oleh device terbatas Internet Tablet yaitu seri N770, N800, N810 dan N900. Sistem operasi ini lebih mengkhusus diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan aktifitas internetan dan browsing ketimbang voice atau komunikasi.

9. Bada Samsung
Bada Samsung adalah OS yang dikeluarkan oleh Samsung untuk perangkat mobilenya.

10. Nucleus OS
Nucleus os adalah sebuah operasi real-time yang efisien , sistem dengan manajemen database, USB,
jaringan, multimedia dan dengan kemampuan user interface. Biasanya OS ini terdapat pada HP China.

11. Java
JavaOS adalah sistem operasi dengan Java virtual machine sebagai komponen fundamental. Java dikembangkan oleh Sun Microsystems.

*sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7115457
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Microsoft_Windows
http://linux.or.id/node/462
http://yangpentingberes.blogspot.com/2010/11/sejarah-mac-os.html
http://rudi.blog.uns.ac.id/2010/02/15/macam-macam-sistem-operasi-untuk-komputer-dan-handphonepda/
http://www.edinesia.com/2011/09/sejarah-perkembangan-linux-serta-kelebihan-dan-kekurangan/



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar