jam

Senin, 17 Oktober 2011

Kecambah Jangan Cuma Dilihat dari Bentuknya yang Kecil.

Kecambah atau sering di kenal dengan tauge ataupun kalo orang jawa menyebut tokolan, memang bentuknya ga seberapa alias kecil tapi.... jangan salah, manfaatnya buat tubuh tak sekecil bentuknya. Kecambah yang bisa di konsumsi ada berbagai macam, baik kecambah kacang tanah, kedelai, kacang hijau dll. Namun apapun jenisnya kecambah tetap mempunyai kandungan senyawa fitokimiawi yang tentunya berkhasiat untuk tubuh. Bahkan kandungan protein dalam kecambah lebih tinggi di banding protein biji aslinya (biji asal kecambah) karena saat proses pembentukan kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan sumber pembentukan protein.

Kecambah mempunyai kandungan vitamin E yang cukup tinggi, vitamin E ini bermanfaat membantu meremajakan kulit, menyuburkan rambut, menghilangkan flek hitam pada wajah dan juga bisa melangsingkan tubuh. Selain itu vitamin E ini juga mampu meningkatkan kesuburan organ reproduksi, bagi wanita yang rajin mengkonsumsi akan membantu mencegah terkena kanker payudara, pramenopause maupun gangguan menjelang menstruasi.
Masih ada lagi manfaat si kecil ini, diantaranya :

  • Mencegah Serangan Jantung
Kandungan saponin dalam kecambah mampu menghancurkan lemak jahat LDL dalam darah, dimana kadar LDL yang tinggi dalam darah merupakan penyebab timbulnya serangan jantung dan stroke. 
  • Mencegah Terjadinya Kanker
Kecambah mempunyai kandungan serat dan air yang cukup banyak, hal ini dapat membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar. Sehingga tidak ada lagi kotoran yang menumpuk, karena menumpuknya kotoran dalam tubuh akan merangsang munculnya sel kanker.

  • Menguatkan Tulang
Kandungan estrogen alami dalam kecambah ternyata mampu bermanfaat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah terjadinya keropos pada tulang. Sehingga tulangpun akan semakin kuat.

Sumber :http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/160-kecambah-kacang-hijau-punya-nilai-gizi-tinggi



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar